WELCOME

Selamat Datang Di Belog Kami, Semoga Kita Semua Selalu Dalam Keadaan Sehat dan Murah Rezeki. Amin..

Selasa, 24 November 2020

Upacara Bendera Yang Berpihak Pada Murid Dan Dinantikan Oleh Seluruh Warga Sekolah

 Tugas               : Modul 1.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif

Nama CGP      : Hasrin, S.Pd

Instansi             : SD Negeri 1 Sembalun Timba Gading

 

 


Tugas Individu 5 : Upacara Bendera Yang Berpihak Pada Murid Dan Dinantikan Oleh Seluruh Warga Sekolah

 

PRAKARSA PERUBAHAN

Upacara bendera yang berpihak pada murid dan dinantikan oleh seluruh warga sekolah

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan

(Define)

·        Inovatif apa yang harus di terapkan pada saat Upacara Bendera?

·        Apa nilai yang di dapatkan dari pelaksanaan upacara?

·        Mengadakan penghargaan kepada kelas yang memiliki kelas dan halaman paling bersih  setelah selesai upacara berupa piala.

·        Memberikan penghargaan kepada kelas yang memiliki kerapian dan kekompakan berbentuk piala.

A-mbil pelajaran

(Discover)

Kekuatan apa yang telah ada saat upacara bendera selama ini?

·        Petigas upacara bergantian setiap minggu

·        Memakai seragam dan atribut lengkap

·        On time

·        Membiasakan membersihkan halaman setiap selesai upacara.

G-ali mimpi

(Dream)

Upacara  yang seperti apa yang akan kita wujudkan untuk memenuhi kriteria berpihak pada murid?

Memberikan upacara yang memiliki nilai-nilai yang bisa menumbuhkan penanaman sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab yang mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

J-abarkan rencana

(Design)

Apa yang akan kita lakukan untuk mengwujudkan impian itu?

·        Membuat setiap wali kelas untuk berperan aktif menberikan supot dan dukungan kepada siswa untuk menjadi lebih baik

·        Membiasakan sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab

·        Menyiapkan piala bergilir untuk kebersihan kelas dan kekompakan peserta upacara.

A-tur eksekusi

(Deliver)

Siapa yang menjadi penanggung jawab atas program ini dan siapa saja yang terlibat di dalamnya?

·        Kepala sekolah sebagai penanggung jawab utama dalam program ini.

·        Guru berperan sebagai pengkoordinir kegiatan setiap minggu dengan bergantian sesui kesepakatan jadwal

 

Tugas Individu 6 : Upacara versi lama dan versi baru

 

Upacara Biasanya

Upacara Versi Baru

Setiap selesai upacara siswa hanya di minta memunggut sampah saja

Sekolah memberikan piala bergulir kepada kelas yang paling bersih dan memberikan piala kepada kelas yang memiliki kekompakan serta kerapian serta membersihkan halaman setelah selesai upacara

Petugas upacara selalu di paksa untuk menjadi petugas

Siswa dengan percaya diri dan tampa ragu untuk tampil jadi petugas dengan pembiasaan sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab.

 

0 komentar:

Posting Komentar